Macam Macam Hardware Dalam Sebuah Komputer

 
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Salam blogger,Pemirsa setia blog Multimedia SMK Taruna,Bagaimana kabar kalian semua?Semoga tetap dalam lindungan tuhan yang maha esa, ketemu lagi dengan saya Chan Nif. Sudah lama sejak terakhir saya post tentang TroubleShooting Mainboard. Di karenakan tidak adanya koneksi intenet jadi saya baru bisa update hari ini,Ok gak usah terlalu banyak basa basi karena kalian pasti sudah penasaran dengan informasi yang akan bagikan kali ini.
Kali ini saya juga akan mempost salah satu materi yang di ajarkan di jurusan Multimedia SMK Taruna yaitu tentang Macam Macam Hardware Yang Ada Dalam Sebuah Komputer. Bagi kalian yang belum mengerti Apa itu Hardware komputer berikut saya akan sedikit jelaskan :
Hardware Komputer adalah : Perangkat keras komputer yang bisa di pegang dan dirasakan atau bisa disebut perangkat fisik suatu computer.
Itulah pengertian singkat dari Hardware Komputer. Sesuai judul di atas sekarang kita akan lanjut dengan Macam Macam Hardware Komputer. Dalam sebuah computer ada banyak sekali hardware. Namun di postingan ini saya hanya akan memberikan contoh 20 macam hardware beserta pengertiannya. Ok langsung saja berikut 20 macam hardware yang ada di computer :
1.       CPU(Central Processing Unit)

CPU adalah hardware komputer yang berfungsi sebagai pusat pemprosesan data dan sekaligus sebagai input dan output yang berisikan banyak komponen di dalamnya.
2.       Monitor


Monitor adalah hardware komputer yang berfungsi untuk merubah arus sinyal menjadi gambar(display). Monitor mempunyai dua konektor yaitu konektor VGA dan AC.macam monitor ada tiga CRT,LCD dan LED.
3.       CD Drive
CD Drive adalah hardware komputer  yang berfungsi untuk membaca,menulis file atau data lewat CD/DVD. Macam macam CD Drive ada 5 yaitu: CD ROM,CD RW,DVD ROM,DVD Combo,daan DVD RW
4.       Mainboard/Motherboard
Mainboard/Motherboard adalah hardware komputer  yang paling utama sebagai tempat hampir seluruh komponen yang ada dalam sebuah CPU. Mainboard mempunyai banyak jenis,seperti Mainboard 478,LGA dll.
Baca juga pos saya tentang Trouble ShootMainboard
5.       PS2 Port
PS2 adalah hardware komputer yang berfungsi unutk konektor Mouse dan keyboard.
6.       Serial Port
 Serial Port adalah hardware komputer yang berfungsi untuk konektor mouse dan stick
7.       Pararel Port
Pararel Port adalah hardware komputer yang berfungsi untuk konektor printer jenis LPT 1.
8.       VGA(Video Graphics Array)
VGA adalah hardware komputer yang berfungsi untuk konektor dari monitor/display. VGA di bagi menjadi 2. VGA On board dan VGA Card
9.       USB(Universal Serial Bus)
USB adalah hardware komputer yang berfungsi untuk konektor alat alat multimedia seperti Card Reader,Flash Disk,Camera,Hp dll.USB di bagi menjadi 2 USB On board dan Card.
10.   LAN(Local Area Network) Port
LAN Port adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menyambungkan komputer satu dengan yang lain sehingga terjadi komunikasi antar komputer atau bisa jga bila untuk jembatan mengakses internet bila di hubungkan ke Hub/Switch.
11.   Sound Port
Sound adlah hardware komputer yang berfungsi untuk Input/Output suara. Sound di bagi menjadi dua On board dan Card.
12.   Zif Socket
Zif Socket adalah hardware komputer yang berfungsi untuk tempat Processor.
13.   Processor
Processor adalah hardware komputer yang berfungsi untuk membantu proses kecepatan komputer ketika di operasikan. Processor menurut bentuknya di bag menjadi 2 yaitu Socket dan Slot.Processor memliki beberapa tingkatan seperti: Pentium 1 Sampai 4,Dual Core,Core 2 Duo,Core I3,Corei5,Dan Core I7
14.   RAM (Random Acces Memory)
RAM adalah hardware komputer yang berfungsi untuk membantu kecepatan processor dalam menjalankan program. RAM dibagi menjadi 5 : EDO RAM,SD RAM,DDR1,DDR2,DDR3.
15.   Power Supply
Power Supply adalah hardware komputer yang berfungsi untuk merubah arus AC menjadi Arus DC sekaligus memberikan tegangan ke semua komponen yang ada dalam Sebuah CPU. Pendistribusian arus dari Power Supply meliputi Mainboard,Hardisk,CD Drive,FDD dan FAN
16.   Slot
Slot adalah hardware komputer yang berfungsi untuk tempat VGA card, USB card,LAN card Internet Card,RAM,Kabel IDE,dan slot dari Power supplay. Macam macam slot di bagi menjadi 4 yaitu : ISA,PCI,AGP,dan PCI Express
17.   Kabel IDE
Kabel IDE adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menghubungkan dari main board ke hard disk dan CD Drive. Jenis kabel IDE ada dua yaitu 2 Pin dan 3 Pin.
18.   Resistor
Resistor adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menahan arus langsung dan mengeluarkan arus sesuai kebutuhan.
19.   Modem
Modem adalah hardware komputer yang berfungsi untuk jembatan mengakses internet , Modem dibagi menjadi 3 yaitu : Modem Internal,Eksternal dan Card.
20.   Hardisk
Hardisk adalah hardware komputer yang berfungsi untuk menyimpan sebuah file/data sekaligus untuk sebagai tempat Program/OS(operating System)yang telah terinstal di dalam hardisk tersebut. Hardisk terdiri dari lempengan Nikel ang berfungsi untuk menyimpan data. Hardisk mempunyai 2 konektor yaitu ATA dan SATA

Pemirsa setia blog Multimedia SMK Taruna itulah beberapa Macam hardware komputer yang saya ketahui…. itu saja postingan saya kali ini, Semoga bermanfaat dan tunggu postingan saya selanjutnya ,sekian dan terima kasih, Sampai jumpa.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb
Dikutip dari : Materi Plajaran kelas X Multimedia tentang "Hardware"
                    Pemateri Moh.Huda, S.kom
Source gambar : Google Image
Lihat Profil lengkap saya di facebook dengan mengklik ikon di bawah ini :
https://m.facebook.com/chanif.vermin1
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Bahrul ulum
AUTHOR
16 Januari 2017 pukul 18.51 delete

:-bd |o|
makasih informasinya

Reply
avatar