Cara Membuat Adaptor 12 Volt Dengan Mudah dan Sederhana


assalamualaikum wr.wb

  - Cara merakit Power Supply Sederhana 12 Volt. Mungkin pada kesempatan kali ini Anda sedang bingung bagaimana cara merakit adaptor 12 Volt, membuat adaptor 12 Volt, atau bahkan menyambung adaptor 12 Volt dan Anda bingung bagaimana cara membuat adaptor 12 Volt sendiri baik itu untuk adaptor tv tuner, adaptor gitar, adaptor tuner fm, adaptor wifi, adaptor wireless, adaptor cctv, adaptor keyboard, dan lain sebagainya.
Berkaitan dengan hal tersebut saya akan membahas cara merangkai atau merakit adaptor 12 Volt paling sederhana dengan membutuhkan komponen yang tidak terlalu banyak dan bisa di bilang sangat simple bagi pemula atau Anda yang sedang belajar membuat adaptor 12 Volt sendiri.


Dan saya pun jadi teringat tentang pertanyaan teman saya, kemarin dia datang ke tempat saya lantas dia bertanya, bosss....bagaimana cara merakit/merangkai power supply untuk tuner fm 12 Volt? Dengan adanya pertanyaan ini saya ber inisiatif untuk memberi informasi juga buat Anda semua yang mungkin di kesempatan kali ini juga lagi bingung cara merakit/membuat power supply 12 Volt.


Adaptor 12 Volt ini bukan hanya untuk tuner fm saja akan tetapi bisa juga di pakai untuk power supply perangkat yang lainnya misal kan saja untuk power supply tone control, rangkaian galaxy, dll. Cara merakit nya pun tidaklah begitu sulit dan Anda pasti bisa merakit nya sendiri,,, yaah itung-itung belajar merakit serta mendalami wawasan tentang elektronika.


Ok sekarang saya akan jelaskan cara merakit adaptor 12 Volt dan komponen apa saja yang harus di persiapkan dalam merakit/membuat adaptor 12 Volt ini.




Pertama komponen yang harus di persiapkan adalah.



  • 1 Trafo  ( bisa 1/2 ampere,1 ampere,/ 2 ampere).
  • 1 Dioda 1 ampere / 2 ampere.
  • 1 elco 2200uf / 25 volt.




Langkah-langkah membuat adaptor 12 Volt adalah sebagai berikut:



  • Pertama hubungkan / solder bagian min elco ke 0 / ct trafo.
  • Kemudian bagian plus elco di hubungkan ke katoda dioda.
  • Setelah itu bagian anoda dioda di hubungkan ke 12 volt trafo.


http://divaizz.blogspot.com



Apabila ingin menambah atau pun mengurangi volt agar sesuai dengan kebutuhan perangkat maka pindah saja anoda ke trafo ke 6 volt - ke 15 volt sesuai kebutuhan Anda. Demikian pembahasan tentang membuat adaptor sederhana 12 Volt semoga bisa menambah wawasan kita semua dan juga bisa bermanfaat.

Previous
Next Post »